prenagen yogurt strawberry

Ketika Anda hamil, sudah menjadi kewajiban Anda untuk makan makanan yang bergizi seimbang. Lalu seperti apakah gizi seimbang itu? Gizi seimbang harus mengandung nutrisi yang seimbang dan juga aman dikonsumsi. Jangan lupa minum asupan tambahan seperti prenagen yogurt strawberry untuk melengkapi asupan gizi Anda.

Berikut ini adalah cara simple menjaga pola hidup sehat Anda. 

Minum suplemen prenatal 

prenagen yogurt strawberry
Prenagen yogurt strawberry

Suplemen prenatal mengandung berbagai macam zat penting seperti asam folat, zat besi, zinc, vitamin D, kalsium, yodium dan vitamin A. Meski demikian, perhatikan juga asupan vitamin A Anda karena terlalu banyak mengkonsumsi vitamin ini bisa membahayakan janin. Atau Anda bisa minum Prenagen Yogurt Strawberry untuk membantu melengkapi kebutuhan nutrisi janin. 

Awasi berat badan 

Berat badan sangatlah penting dan harus dijaga. Wanita hamil membutuhkan tambahan kalori sekitar 300 kalori untuk menopang perkembangan janin. Ini setara dengan satu kontainer yogurt dan satu buah. Pastikan Anda tidak mengalami kenaikan atau penurunan berat badan secara drastis. 

Makan makanan yang bervariasi

Mudah saja! Pastikan Anda setiap hari mengkonsumsi lima jenis sayuran dan buah dengan warna berbeda. Kombinasikan dengan sumber protein seperti ikan, ayam dan daging. Nah jangan lupa dengan asupan karbohidrat Anda untuk sumber energi misalnya pasta, nasi atau sereal.

Batasi Makanan Berlemak 

Ingat! Terlalu banyak makanan berlemak juga tidak baik. Batasi maksimal 30% kalori harian Anda. Lebih baik, pindahkan pada lemak sehat seperti butter, dressing salad dsb. 

Minum air yang cukup

Kebutuhan air Anda saat hamil akan meningkat drastis. Bila tidak suka air putih. Boleh sesekali Anda meminum jus untuk variasi. 

Makanan Apa Yang Harus Dihindari Ketika Hamil?

Ketika Anda sedang hamil, pastikan Anda menghindari makanan berikut ini:

Berhenti minum alkohol 

Alkohol sangat berbahaya bagi janin karena meningkatkan resiko kelahiran prematur, kecerdasan rendah, cacat lahir hingga berat badan bayi yang rendah. 

Batasi minuman berkafein 

Kafein sebaiknya dihindari karena tidak baik untuk kesehatan Anda dan janin. Ingat, kafein tidak hanya ada pada kopi dan teh. Cokelat pun juga mengandung kafein. Kadar maksimal kafein yang disarankan adalah 300 mg per hari. 

Batasi konsumsi ikan 

Ikan seperti salmon memang baik sekali untuk wanita hamil. Namun demikian, terlalu banyak mengkonsumsi ikan bisa meningkatkan paparan merkuri yang berbahaya bagi Anda dan janin. Bahkan untuk ikan salmon yang paling rendah saja hanya boleh dikonsumsi maksimal 12 ons atau dua sajian per minggu.

Hindari soft cheese

Makanan yang masuk kategori soft cheese antara lain keju meksiko, Brie, dan feta yang bisa mengakibatkan infeksi listeria. Tapi Anda tidak perlu menghindari yogurt, hard cheese dan cream cheese karena tergolong aman. 

Berhenti makan ikan mentah

Anda penggemar sushi? Sebaiknya Anda berhenti makanan makanan mentah sejenis ini, termasuk kerang karena berbahaya dan mengakibatkan infeksi mengingat sistem kekebalan tubuh Anda turun.

Makanan Yang Bisa Anda Konsumsi Ketika Tidak Enak Badan

  • Morning sickness – Makanan untuk meringankan rasa tidak nyaman ketika morning sickness adalah cereal, dan keripik sebelum tidur. Makan makanan dalam porsi kecil dan hindari makanan pedas, gorengan dan berlemak. 
  • Konstipasi – Anda bisa mengkonsumsi yogurt dari prenagen dan kombinasikan dengan minum air putih yang cukup setiap hari. Jangan lupakan sayur dan buah-buahan untuk memperlancar buang air besar. 
  • Diare – Kalau Anda menderita diare, Anda bisa makan makanan yang mengandung pektin dan gum seperti apel, oatmeal dan nanas. 
  • Heartburn – Hal ini diakibatkan bila Anda punya magh. Anda bisa makan dalam jumlah kecil tapi sering. Batasi makanan atau minuman berkafein, berminyak dan pedas.