Pengaruh Alam Bagi Kesehatan Mental

Tidak dapat dipungkiri bahwa berada di tengah alam dapat membuat tubuh semakin fresh dan rileks. Bukan hanya baik untuk kesehatan fisik saja, alam ternyata juga sangat berpengaruh terhadap kesehatan mental setiap orang. Hingga saat ini, telah banyak studi yang membuktikan bahwa paparan alam sangat berpengaruh bagi kesehatan.

Pemandangan alam yang hijau tanpa disadari memang memberikan dampak positif bagi kesehatan. Tubuh yang lelah atau pikiran yang terlalu stress, semua bisa diatasi dengan bercengkrama bersama alam bebas. Lantas, sebenarnya bagaimana pengaruh alam terhadap kesehatan? Berikut penjelasan dari berbagai hasil studi dan penelitian.

Penelitian yang Membuktikan Pengaruh Alam Terhadap Kesehatan Mental 

Salah satu penelitian yang membuktikan bagaimana pengaruh positif alam terhadap kesehatan mental adalah riset yang dilakukan di Jepang. Hasil riset tersebut membuktikan bahwa efek terapeutik yang didapatkan dengan berjalan-jalan di tengah hutan sangat baik untuk kesehatan. 

Nah, efek positif tersebut diantaranya adalah bisa menurunkan tekanan darah serta bisa menguatkan aktivitas sel-sel alami di dalam tubuh. Lantas, sebenarnya berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk berada di tengah alam supaya tubuh kembali sehat? Para ahli menyatakan bahwa suasana alam seperti apa pun akan memberikan dampak baik untuk kesehatan. Baik alam berupa pantai, hutan, atau taman terdekat sekalipun. 

Sebuah studi terbaru yang dipublikasikan pada jurnal Scientific Report mengungkapkan bahwa pria maupun wanita, tidak peduli berapa usia atau apa pekerjaannya, melaporkan secara signifikan bahwa kesehatan psikologis dan fisiknya menjadi lebih baik setelah berada di alam setidaknya selama dua jam.

Pemimpin studi sekaligus psikolog lingkungan bernama Matthew White, Ph. D mengungkapkan bahwa sebagian besar kunjungan ke alam yang dilakukan pada riset tersebut hanya dilakukan dengan jarak sekitar 3,2 km saja dari rumah. Jadi, hanya dengan mengunjungi ruang terbuka hijau yang ada di dekat rumah pun sudah cukup bagus.

Banyak spekulasi ahli terkait efek suasana alam tersebut. Salah satunya adalah spekulasi bahwa paparan alam akan berperan untuk menurunkan kadar hormon stress kortisol dan adrenalin. Selain itu, suasana alam juga akan membantu untuk mengatur sistem saraf otonom dalam tubuh.

Saat menghirup udara segar, diketahui bahwa beberapa senyawa antimikroba akan terlepas dari tanaman atau pepohonan. Senyawa inilah yang dinamakan dengan phytoncides yang pada dasarnya merupakan minyak esensial pada tanaman. Phytoncides ini yang akan memberikan dampak positif bagi sistem imun tubuh.

Pendapat Lain Tentang Pengaruh Alam Terhadap Kesehatan Mental 

Sebuah studi lainnya mengungkapkan bahwa tingkat alam yang berbeda akan memberikan efek yang berbeda pula. Studi yang dilakukan pada tahun 2018 dan diterbitkan dalam Ilmu Perilaku ini menggunakan tiga tingkatan alam. Tingkat satu memiliki karakteristik alam seperti lain. Tingkat dua adalah alam yang lokasinya berupa taman umum. Sementara tingkat terakhir adalah lingkungan buatan seperti ruangan tertutup.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkatan kedua dan ketiga bisa membantu menurunkan stres fisik maupun psikologis. Namun, hutan belantara atau tingkat pertama dilaporkan bisa memberikan efek penurunan stres yang paling signifikan. Cara ini bisa dilakukan dengan melakukan perjalanan mendaki ataupun berkemah.

Berdasarkan beberapa penelitian tersebut, maka terbukti bahwa alam bebas memang bisa memberikan dampak positif bagi kesehatan fisik maupun psikis. Jika merasa mengalami gangguan kesehatan mental yang sudah tidak bisa diatasi sendiri, sebaiknya jangan ragu untuk berkonsultasi agar mendapatkan solusi yang tepat.

Kini, konsultasi kesehatan fisik maupun psikis bisa dilakukan secara online melalui aplikasi Halodoc. Hanya dengan genggaman smartphone di tangan, masyarakat bisa melakukan konsultasi dengan mudah dan segera mendapatkan respons yang cepat. Halodoc sendiri merupakan sebuah aplikasi yang memberikan layanan kesehatan kepada seluruh masyarakat. Melalui fitur chat dengan, pasien bisa konsultasi sepuasnya terkait gangguan kesehatan yang dialaminya.