tanda awal kehamilan

Tahukah Anda jika sebelum ada test pack, wanita jaman dulu tidak menggunakan testpack untuk mengetahui sebuah kehamilan. Para wanita dahulu kala memanfaatkan bahan-bahan di sekitar untuk mendeteksi awal kehamilan. Bagaimana cara wanita jaman dulu mendeteksi tanda awal kehamilan?  Berikut 5 cara tradisional untuk deteksi kehamilan. 

tanda awal kehamilan
Tanda awal kehamilan
  1. Tes Kehamilan dengan Gula

Ini adalah metode tes paling mudah, paling banyak digunakan ketika tidak ada alat bantu tes kehamilan yang tersedia. Ambil satu sendok makan gula dalam mangkuk, dan tambahkan satu sendok air seni ke dalamnya. Lihat bagaimana gula bereaksi, jika menggumpal berarti Anda hamil dan jika gula larut dengan cepat berarti Anda tidak hamil. Hormon hCG yang dikeluarkan dari urin membuat gula tidak bisa larut dengan baik.

  1. Tes dengan Cuka

Bahkan cuka bisa membantu Anda menguji kehamilan. Namun ingat, dibutuhkan cuka putih untuk tes ini. Caranya ambil dua sendok makan cuka putih ke dalam wadah plastik, tambahkan urin Anda kedalamnya dan aduk dengan baik. Jika cuka berubah warna dan membentuk gelembung maka anda hamil, jika tidak ada perubahan maka Anda tidak hamil.

  1. Tes dengan Garam

Tes ini hampir sama dengan DIY tes kehamilan memakai gula. Mengganti gula dengan garam. Dilakukan dengan tes yang sama, dicampur urin dan garam, tunggu sebentar. Jika garam membentuk semacam gumpalan putih krem berarti Anda positif hamil. Jika tidak ada efek yang terlihat berarti tidak hamil. Sekali lagi, ini didasarkan pada tradisi dan cara tradisional, belum ada bukti ilmiah yang mendukung test ini.

  1. Baking Soda

Ambil dua sendok baking soda dan tambahkan dua sendok urin, diamkan lalu lihat reaksinya. Jika Anda melihat gelembung tandanya Anda sedang hamil, jika tidak ada reaksi berarti Anda tidak hamil.

  1. Bleach atau Pemutih

Metode ini bisa dikatakan paling akurat dan lebih cepat dibanding model test lainnya. Caranya ambil wadah bersih dan taruh urin di dalamnya. Kemudian tambahkan bleaching powder atau bubuk putih kedalamnya dan aduk dengan benar untuk menghindari terbentuknya gumpalan. Jika adonan membentuk busa atau berdesis, maka Anda hamil. Sebaliknya, jika tidak ada buih maka Anda tidak hamil.

Tips:

Untuk hasil yang lebih akurat pastikan gunakan urin setelah bangun tidur dimana kadar hCG masih tinggi, pastikan gunakan wadah bersih untuk mengumpulkan urin. Kumpulkan urin sesuai kebutuhan, tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit untuk hasil yang maksimal. Tunggu paling tidak 5-10 menit untuk melihat hasilnya.

Jika Anda mencoba salah satu cara di atas dan mendapatkan hasil yang positif, cobalah untuk membeli test pack atau cek keakuratannya. Jika hasil kedua atau ketiga juga menunjukkan hasil yang positif. Segera konsultasikan ke dokter kandungan secepatnya.