kuliah kelas karyawan

Butuh perlakuan khusus terhadap karyawan yang mengikuti kuliah, terutama masalah kurikulum. Hal ini sangat berkaitan dengan masalah penyesuaian waktu bekerja dan kuliah. Karena itu, banyak universitas menawarkan kuliah kelas karyawan dengan fleksibilitas yang baik. Sebab memang diperuntukkan bagi para karyawan yang ingin berkuliah, tetapi tetap bisa bekerja.

Jika biasanya anda hanya memikirkan bagaimana cara menyelesaikan tugas di pekerjaan dengan baik, setelah memutuskan berkuliah, anda juga harus mengerti bahwa ada tanggung jawab lain, yaitu beban studi perkuliahan yang harus diselesaikan. Agar kuliah bisa lancar dan pekerjaan tidak terlantar.

kuliah kelas karyawan
kuliah kelas karyawan

Bagi Anda yang sudah menjadi karyawan dan ingin kuliah, tak perlu khawatir, anda bisa mengikuti kelas karyawan. Bagaimana tips agar sukses menempuh perkuliahan di kelas karyawan, berikut ini ada tips dan ulasan singkatnya.

  1. Memastikan Pihak Perusahaan Tahu Bahwa Anda Sedang Mengambil Kuliah

Mengkomunikasikan kepada perusahaan adalah cara pertama yang harus dilakukan.  Anda dapat meminta izin langsung kepada atasan, atau bisa lewat bagian kepegawaian tempat anda bekerja.  Dengan adanya komunikasi, anda pasti mendapatkan keuntungan tersendiri. Misalnya, perusahaan akan mendukung dan bisa jadi Anda mendapatkan dukungan maksimal dalam bentuk pembiayaan kuliah.

Pastinya akan ada kompensasi yang dikehendaki dari pihak perusahaan. Kebanyakan dalam bentuk penambahan kontrak dan sejenisnya. Tapi, pada dasarnya, hal ini wajar sebagai bentuk kerja sama yang saling menguntungkan antara karyawan dan perusahaan.

  1. Agar Jadwal Kuliah dan Bekerja Tidak Bentrok, Maka Pandailah Mengatur Waktu

Langkah selanjutnya yang harus anda perhatikan adalah mengatur jadwal. Jangan sampai jadwal kuliah bentrok dengan jam kerja. Anda dapat memilih kampus dengan kelas karyawan yang bisa menyesuaikan dengan jadwal kerja. Misalnya seperti kuliah kelas karyawan yang diselenggarakan pada malam hari atau sejenisnya. Bila ada jadwal yang bentrok antara kuliah dan kerja, pastikan untuk sudah mengkomunikasikan dengan pihak-pihak terkait.

  1. Hitunglah Beban Biaya Kuliah Anda

Anda harus mempertimbangkan juga biaya kuliah yang akan anda tanggung untuk dibayar.  Jangan sampai memotong terlalu banyak kebutuhan anda sendiri dan akhirnya kebutuhan pribadi dan kuliah jadi berantakan tidak sesuai dengan harapan.  Sangat baik untuk anda kalau bisa mendapatkan beasiswa dari perusahaan maupun dukungan finansial.

  1. Ambillah Jurusan yang Sama dengan Profesi Anda

Anda usahakan mengambil jurusan yang sama dengan profesi anda. Hal ini pasti akan sangat menguntungkan untuk anda karena bisa menjadi dukungan dalam pengembangan karier. Selain itu, perusahaan juga dapat melihat potensi yang anda miliki sehingga Anda mendapat dukungan.

  1. Anda Harus Menjaga Performa Kerja, Kesehatan, dan Perkuliahan

Pada awal pembahasan, sudah dijelaskan bahwa tanggung jawab anda akan menjadi double. Memang pastinya lebih berat. Namun, harus anda sadari bahwasanya, jangan mengurangi performa anda dalam bekerja. Jagalah selalu kesehatan dengan meminum vitamin, dan mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat bergizi.  Jadi, pikirkan matang-matang agar anda dapat menjalankan kegiatan dengan baik dan semua sesuai dengan tupoksinya.  Anda pun juga akan diberi perhatian yang cukup.

  1. Memastikan Bahwa Diri Anda Benar-Benar Siap

Jika Anda lulus kuliah kelas karyawan dengan nilai memuaskan, tanggung jawab pekerjaan tetap terjaga. Serta kesehatan dan kehidupan pribadi tak terganggu adalah fokus utama bagi seseorang yang sedang menempuh kelas karyawan. Pastikan bahwa diri Anda sudah benar-benar siap. Jenjang karier terbuka lebar dan kemungkinan untuk lanjut ke jenjang pendidikan selanjutnya juga akan terus ada. Khususnya ketika Anda memutuskan untuk mengambil kuliah di IDS Digital Collage. Tempat ini adalah tempat tepat bagi Anda yang ingin kuliah sembari bekerja.