Susu formula anak

Siapapun ibu pasti akan memberikan yang terbaik untuk anaknya. Ia akan memberikan apapun untuk anaknya, termasuk ASI eksklusif. Namun, apa jadinya  jika memang Anda memiliki masalah pada payudara atau masa menyusui si kecil telah selesai? Perlukah pemberian susu formula anak?

Jika memang dibutuhkan, pemberian susu formula anak bisa menjadi salah satu alternatif makanan pendamping ASI. Dengan begitu ia akan belajar mengkonsumsi susu formula dan mengurangi ketergantungannya terhadap ASI.

Beragam Pilihan Untuk Memberi Susu Bayi

Susu formula anak
Susu formula anak

Untuk memberi makan bayi, ada beberapa pilihan cara untuk memberi makan si kecil. Jika memang Anda telah menyusui yang dikombinasi dengan botol, maka ada beberapa pilihan untuk memberi makan si kecil, yakni :

Anda dapat menyusui langsung dari payudara untuk bayi yang masih terlalu kecil. WHO menyarankan pemberian ASI setidaknya hingga bayi berusia 6 bulan. Setelahnya bayi bisa diperkenalkan pada makanan pendamping ASI.

Anda dapat memerah ASI dan memasukkannya ke dalam botol agar si kecil belajar menggunakan botol.Anda dapat memberikan susu formula anak kepada si kecil dan membiarkan payudara berhenti memproduksi ASI Anda dapat menggunakan botol untuk mendampingi ASI dengan susu formula anak.

Mengenal Makanan Kombinasi?

Mungkin Anda pernah mendengar istilah makan kombinasi? Biasanya hal ini mengacu pada ibu yang menyusui si kecil langsung dari payudaranya dan selebihnya memerlukan bantuan botol untuk memberikan makanan pendamping. Namun, beberapa ibu harus menyebutnya sebagai pemberian susu botol sebagai peralihan dari ASI ke susu formula anak.

Mengapa Banyak Yang Menggunakan Makanan Kombinasi?

Pemberian makanan kombinasi biasanya dilakukan berdasarkan beberapa hal, diantaranya :

Ketika proses menyusui dari payudara dan melalui botol, bayi harus terbiasa dengan perbedaan antara menerima ASI langsung dari payudara dan dot dari botol. Keduanya tentu berbeda. Bayi harus mengetahui perbedaan ini dan bisa menerima ASI maupun botol.

Saat seorang ibu memutuskan untuk berhenti menyusui secara eksklusif dari payudara dan ingin menggunakan botol untuk keseluruhan proses menyusu (mengganti dengan susu formula anak). Saat inilah kombinasi perlu dilakukan sebagai peralihan.

Saat ibu ingin memberi tantangan kepada si kecil untuk mulai menggunakan botol dan membiasakan si kecil untuk mulai mengkonsumsi susu dari botol, maka saatnya melakukan kombinasi dengan pemberian ASI diselingi botol.

Keuntungan Menggunakan Botol Bayi

Manakah dari pilihan yang akan Anda pilih menggunakan botol untuk memberikan ASI atau susu formula anak, maka penggunaan botol akan memberikan manfaat tersendiri bagi si kecil, diantaranya :

Anda mengetahui persis berapa banyak ASI yang dikonsumsi oleh si kecil.  Anda tidak harus selalu berada di dekat si kecil saat menyusui dan Anda bisa tetap beraktivitas seperti biasa. Anda bisa beristirahat dengan waktu yang cukup.

Memberikan susu dalam bentuk botol juga bisa membantu ayah untuk tetap Anda tahu persis berapa banyak ASI yang dikonsumsi bayi Anda.

Anda tidak perlu hadir setiap kali bayi harus menyusu – pemberian susu botol memungkinkan orang lain untuk berbagi menyusu, memungkinkan Anda untuk istirahat atau kembali bekerja pada waktu yang tepat. Memberi susu botol juga membantu ayah untuk terlibat dan terikat dengan bayi mereka juga. Meskipun ada banyak cara lain ayah dapat terlibat.

Tapi tentu saja menyusui adalah pengalaman unik. Jadi pada akhirnya apakah Anda memilih untuk menyusui dari payudara, dari botol atau susu kombinasi, pilihan ada di tangan Anda. Pastikan untuk memutuskan apa yang tepat untuk Anda dan keluarga Anda.

Pilih susu formula anak yang memiliki kandungan gizi lengkap seperti Morinaga. Morinaga telah berpengalaman dalam pembuatan susu anak. Selain kandungan gizinya lengkap, Morinaga juga menyediakan berbagai varian rasa yang pasti disuka oleh si kecil.