simulasi kpr syariah

KPR syariah atau kredit pemilikan rumah syariah menjadi cara terbaik bagi muslim untuk mendapatkan rumah dengan cara kredit yang halal. Berbeda dengan kredit konvensional, kredit jenis ini tidak memiliki bunga jadi tidak ada riba di dalamnya. Pada umumnya, ada dua jenis akad yang digunakan dalam KPR syariah yaitu Murabahah dan Musyarakah Mutanaqishah. Berikut ini penjelasan dan simulasi KPR syariah untuk kedua jenis akad ini:

Simulasi untuk Akad Murabahah

Akad Murabahah merupakan akad jual beli di mana bank akan membeli rumah yang dibutuhkan nasabah. Bank nanti akan menjual ke nasabah sesuai harga namun dengan menambahkan margin sebagai keuntungan. Sebagai contoh misal nasabah ingin membeli rumah seharga Rp250 juta dan membayar DP 20% atau 50 juta.

simulasi kpr syariah
simulasi kpr syariah

Sisanya bank akan membeli rumah yang nanti dijual kepada Anda dengan margin yang telah ditentukan bersama, misalnya 5% dengan tenor 15 tahun. Perhitungan yang didapatkan yaitu ((harga rumah yang dibeli bank x (margin x tenor)) + harga rumah yang dibeli bank) : tenor = ((200.000.000 x (5% x 15)) + 200.000.000) : 180 bulan = Rp1.945.000 per bulan.

Simulasi untuk Akad Musyarakah Mutanaqishah

Berbeda dengan Murabahah, akad satu ini lebih menekankan konsep kerja sama dan bagi hasil. Nasabah dan bank bersama membeli rumah yang besar pembayarannya disepakati oleh kedua belah pihak, misalnya nasabah 20% dan bank 80%. Selanjutnya rumah akan disewakan pada nasabah dengan sistem bagi hasil.

Nasabah membayar sewa ke bank karena kepemilikan rumah terbesar milik bank. Simulasi untuk akad Musyarakah Mutanaqishah yaitu misalnya Anda membeli rumah seharga Rp250 juta. Anda akan membayar 20% yaitu Rp50 juta dan bank 80% yaitu Rp200 juta. Lalu rumah disewakan dengan harga kesepakatan misalnya Rp1,4 juta.

Maka selama tenor yang ditentukan Anda harus membayar sewa sebanyak angka tersebut. Di akhir penyewaan Anda bisa membeli rumah sehingga bisa menjadi milik Anda 100%. Namun biasanya bank akan menambah biaya untuk membeli kepemilikan rumah.

Itulah penjelasan singkat mengenai simulasi KPR syariah berdasarkan jenis akad. Penjelasan di atas hanya penjelasan singkat saja, Anda bisa melakukan simulasi menggunakan kalkulator KPR syariah untuk hasil yang lebih akurat. Bank di Indonesia yang juga menghadirkan produk KPR syariah untuk Anda yaitu Bank Danamon.

Bank ternama satu ini tidak menggunakan akad Murabahah, melainkan menggunakan akad Musyarakah Mutanaqishah. Anda bisa mengajukan kredit untuk pembiayaan properti baru, properti bekas, properti inden, maupun kavling siap bagun. Banyak keuntungan apabila memilih produk satu ini. Langsung saja kunjungi website resminya yaitu danamon.co.id untuk melakukan pengajuan.