bunga deposito

Jika Anda mempunyai uang lebih ada baiknya digunakan untuk berinvestasi. Investasi merupakan hal penting untuk membantu kestabilan finansial Anda di kemudian hari. Salah satu bentuk investasi yang cukup mudah dan minim resiko yaitu deposito. Pihak perbankan akan memberikan Anda pilihan berapa lama Anda akan menyimpan uang tersebut dalam deposito. Selain itu, Anda juga akan diuntungkan dengan bunga deposito yang diberikan oleh pihak bank.

5 Tips Sebelum Menyimpan Uang Dalam Deposito

Agar investasi Anda lebih aman dan menghasilkan maka silahkan simak beberapa tips di bawah ini sebelum melakukan deposito.

bunga deposito
bunga deposito

Setoran Awal

Menentukan berapa besar jumlah setoran awal adalah hal pertama yang harus Anda lakukan. Perlu Anda ketahui bahwa setiap bank mempunyai ketentuan setoran minimal yang berbeda-beda. Pihak perbankan akan menunjukkan simulasi perhitungan setoran deposito sehingga Anda pun akan lebih paham. Dengan demikian, Anda akan lebih mudah dalam menentukan berapa banyak uang yang akan Anda depositokan.

Jangka Waktu Deposito

Langkah selanjutnya itu menentukan jangka waktu Anda menyimpan uang dalam deposito. Jangka waktu yang ditawarkan pun beragam mulai dari jangka pendek hingga jangka panjang. Untuk jangka pendek biasanya bisa mulai dari 1 – 3 bulan, sedangkan jangkan panjang mulai dari 6 – 24 bulan.

Mengingat tanggal jatuh tempo sangat penting karena sebagai deposito akan secara otomatis memperpanjang masa deposito Anda. Jika Anda ingin mencairkan deposito tersebut maka jangan sampai lupa dengan tanggal jatuh tempo.

Pencairan Deposito

Meskipun sama-sama menyimpan uang di bank namun deposito berbeda dengan menabung. Proses pencairan tabungan dapat dilakukan dengan cepat dan kapanpun Anda mau. Sedangkan untuk deposito, Anda tidak bisa mencairkannya sewaktu-waktu karena harus sesuai dengan tanggal jatuh tempo yang telah disepakati.

Suku Bunga

Tujuan dari investasi deposito tentu ingin mendapatkan bunga yang tinggi. Oleh sebab itu, Anda harus melakukan survey terlebih dahulu ke beberapa bank mengenai besar suku bunga yang ditawarkan. Hal ini dikarenakan setiap bank mempunyai kebijakan yang berbeda-beda terhadap suku yang ditawarkan. Biasanya besar suku bunga yang akan dipengaruhi oleh lama waktu deposito Anda. Semakin lama jangka waktu yang Anda pilih maka akan semakin tinggi pula bunga yang Anda dapatkan.

Pilih Bank Dengan Reputasi Baik

Tips terakhir yaitu pilihlah bank yang sudah mempunyai reputasi baik sehingga Anda pun merasa aman mendepositokan uang Anda. Pastikan bank yang Anda pilih tersebut sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga segala kebijakan yang dibuat menggunakan pedoman dari OJK.

Deposito Online Simobi

Kemajuan teknologi membuat segala menjadi lebih mudah karena semua dapat diakses secara online. Bank Sinarmas telah mengeluarkan aplikasi kebanggannya Simobi yang memungkinkan Anda untuk melakukan deposito secara online. Hal ini tentu sangat menguntungkan karena Anda tidak perlu repot-repot untuk datang ke kantor serta lebih menghemat waktu.

Kelebihan dari deposito online yang ditawarkan oleh bank Sinarmas yaitu persyaratan yang mudah dan praktis. Selain itu, hanya dengan bermodalkan Rp. 500.000,- Anda sudah bisa melakukan deposito. Perusahaan juga memberikan jangka waktu deposito yang beragam mulai dari 1 hingga 36 bulan. Manfaat yang paling menarik dari deposito online di bank Sinarmas yaitu bunga deposito yang cukup tinggi sekitar 5,7 % p.a. Jenis mata uang yang bisa Anda depositokan bukan hanya Rupiah saja namun Anda juga bisa melakukan deposito dengan menggunakan Yen Jepang, Dolar Amerika, Dolar Australia, serta Yuan Cina.