berbagi inspirasi tentang arsitektur

Rumah berkonsep minimalis kini menjadi favorit banyak orang. Gaya minimalis ternyata dinilai bisa menghasilkan kesan modern yang tak membosankan untuk dilihat. Selain itu konsep minimalis ini juga sangat membantu mereka yang area rumahnya sangat terbatas. Berikut kita akan berbagi inspirasi tentang arsitektur rumah dengan gaya minimalis. 

Pengaplikasian Rumah Minimalis

Mewujudkan rumah bergaya minimalis tidak begitu sulit tapi juga tidak sembarangan. Berikut adalah beberapa poin yang harus diketahui untuk mewujudkan rumah nyaman berkonsep minimalis.

berbagi inspirasi tentang arsitektur
berbagi inspirasi tentang arsitektur

  • Pilihan Warna Membuat Lapang

Jika ingin memiliki rumah minimalis, maka penting sekali untuk memilih warna yang tepat. Warna-warna netral dinilai sangat cocok untuk diaplikasikan di rumah dengan gaya minimalis. Anda bisa menggunakan warna putih maupun krem. Palet warna seperti hitam maupun abu-abu juga bisa diaplikasikan pada konsep rumah minimalis.

Perlu diketahui bahwa pilihan warna yang digunakan sebaiknya bisa memberi kesan lapang. Rumah minimalis membutuhkan warna-warna yang dapat menambah kesan ruangan lebih luas dari seharusnya. Itulah mengapa dibutuhkan warna netral karena warna ini tergolong memberikan kesan luas.

  • Pemakaian Cermin

Kesan lapang juga bisa didapatkan dengan penggunaan cermin. Namun, pilih jenis cermin yang tepat sesuai dengan konsep interior rumah. Peletakkan cermin juga harus diperhatikan agar tidak mengganggu estetika rumah. Penggunaan cermin sebagai penyekat ruangan juga bisa dijadikan sebagai pilihan.

  • Furniture yang Minimalis

Saat berbagi inspirasi tentang arsitektur rumah minimalis, maka tak lengkap jika tak membahas furniture. Pilihan furniture jelas akan sangat berpengaruh pada konsep ruangan dan rumah yang akan dihasilkan. Jika ingin mendapatkan kesan minimalis, maka gunakan furniture yang simpel dan mengusung palet warna netral.

Ada begitu banyak pilihan furniture yang menawarkan tampilan desain sederhana namun tetap terlihat modern dan elegan. Desain furniture yang sederhana justru bisa memberikan kenyamanan dan kesan estetik di dalam rumah. Pastikan juga furniture memiliki fungsi yang jelas sehingga tak membuat penuh isi ruangan dari rumah minimalis Anda.

  • Pencahayaan dan Sirkulasi Udara

Ada dua aspek penting yang harus diperhatikan setiap kali Anda membangun maupun mendekorasi rumah. Pencahayaan dan sirkulasi udara jelas harus menjadi perhatian utama agar penghuni merasa nyaman di dalam rumah. Pastikan ruangan di dalam rumah mendapatkan sumber cahaya dan sirkulasi udaranya mencukupi.

Konsep minimalis di rumah Anda bisa semakin terpancar dengan adanya pencahayaan natural maupun buatan yang mencukupi. Anda bisa menambahkan banyak jendela untuk mengoptimalkan masuknya cahaya alami. Keberadaan jendela ini juga bisa memastikan bahwa sirkulasi udara di dalam ruangan berjalan lancar sehingga penghuni merasa nyaman.

  • Maksimalkan Fungsi Ruang

Pemilik rumah minimalis harus benar-benar bisa memaksimalkan fungsi setiap ruang di dalam rumah. Pastikan bahwa setiap jengkal ruang di rumah Anda digunakan dengan porsi yang tepat. Jika masih terasa kurang, maka Anda harus bisa memanfaatkan ruang-ruang yang ada secara lebih kreatif.

  • Hindari Aksen Berlebihan

Jangan pernah memberikan aksen berlebih di ruangan rumah Anda jika ingin mendapatkan kesan minimalis. Konsep rumah yang minimalis tidak akan tercipta jika Anda meletakkan aksen yang berlebihan. Dari namanya saja sudah jelas kalau konsep ini membutuhkan dekorasi yang minimal. Jadi, tahan diri agar tidak memberikan pernak-pernik berlebih di rumah Anda.

Ada banyak hal yang bisa dibahas jika berbagi inspirasi tentang arsitektur rumah minimalis. Jika Anda masih merasa bingung, carilah sebanyak mungkin referensi. Ada banyak varian ide rumah dengan konsep minimalis yang bisa Anda temui di berbagai jenis media saat ini.