laktosa

Anak-anak yang masih balita adalah masa yang penting untuk diperhatikan. Karena, anak-anak di usia 1 hingga 5 tahun, disebut sebagai masa golden age yang hanya datang sekali seumur hidup. Di masa tersebut, si kecil akan mengalami tumbuh kembang yang pesat. Salah satu hal yang penting diperhatikan pada masa itu adalah asupan laktosa.

Kandungan tersebut memiliki manfaat yang sangat besar sekali untuk kesehatan si kecil. Kandungan tersebut merupakan salah satu jenis nutrisi yang umum ada pada ASI maupun produk susu sapi, dan olahan-olahannya. Bisa juga ditemui pada produk keju, maupun yoghurt.

Kandungan tersebut sangat bagus sekali untuk pencernaan kita. Nantinya, nutrisi ini akan masuk ke usus halus. Kemudian, nantinya, nutrisi ini akan diubah menjadi glukosa dan juga galaktosa yang merupakan salah satu sumber energi bagi tubuh kita.

laktosa
laktosa

Kandungan nutrisi ini juga sangat bagus sekali untuk sistem pencernaan karena dapat merangsang pertumbuhan bakteri. Khususnya untuk bakteri-bakteri yang baik, dan dapat melindungi sistem pencernaan tubuh. Nutrisi ini juga bertugas dan berfungsi untuk melawan sel-sel organisme patogen.

Kandungan laktosa juga sangat bagus untuk memperkuat dan juga membentuk tulang. Kandungan ini akan membantu tubuh untuk menyerap kalsium secara optimal. Kandungan nutrisi nilah yang sangat penting bagi si kecil, karena dalam masa pertumbuhannya, kesehatan dan pertumbuhan tulang dan gigi harus diperhatikan.

Anak yang mengonsumsi kandungan laktosa yang cukup, mampu meminimalisir risiko obesitas, atau kegemukan. Nah, dengan asupan kandungan ini, potensi obesitas pada si kecil semakin berkurang. Hal ini tentu sangat bagus sekali untuk mereka.

Sebagai informasi, laktosa adalah salah satu dari 3 jenis gula. Namun, jangan khawatir, kandungan ini tidak memiliki indeks glikemik yang tinggi. Bahkan kandungan glikemiknya tergolong rendah sekali dibandingkan dengan gula biasa. Dengan begitu, kadar gula darah si kecil akan lebih terjaga.

Nah, itulah informasi seputar laktosa yang harus Anda ketahui, khususnya para orangtua yang memiliki anak yang masih balita. Pastikan Anda memberi asupan nutrisi ini untuk memenuhi kebutuhan mereka. Karena, kandungan tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh si kecil untuk mengoptimalkan tumbuh kembangnya.