mental anak

Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), ada 1 dari 5 anak mengalami gangguan mental. Gangguan mental itu sendiri bisa bermacam-macam jenis dan bentuknya, misalnya gangguan perilaku, kecemasan, dan depresi. Oleh karena itu, gejala yang muncul pun tentunya pasti akan berbeda-beda. Mom, mariĀ  simak artikel berikut ini tentang cara menjaga kesehatan mental anak di sini.

Membentuk mental anak yang baik tidaklah mudah, dengan melakukan cara pendekatan antara orang tua dengan anak maka orang tua itu sendiri akan tau seperti apa mental anaknya. Anak bisa memiliki hubungan yang kurang baik bahkan tidak baik antara keluarga atau dengan teman-temanya, anak bisa mengalami gangguan tidur atau keluhan fisik yang tidak jelas asalnya, berperilaku agresif, merasa terus bersedih dan akan selalu merasa tertekan.

mental anak
mental anak

Berikut adalah Cara Untuk Membuat Kesehatan Mental Anak yang baik

Agar Si Kecil memiliki mental dan emosional yang baik, perlu Mom ketahui pentingnya bagi Mom untuk menjaga kesehatan emosional dan mentalnya sedini mungkin. Beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar kondisi mental anak tetap baik adalah:

  • Membina hubungan Komunikasi yang baik dengan anak

Hubungan yang baik antara orang tua dengan anak dapat mencegah gangguan mental anak itu sendiri. Menjalin hubungan yang baik dengan anak sedini mungkin, maka mental yang baik pada anak pun akan tercipta dengan sendirinya. Hindari pengucapan kalimat yang akan membuat hati ana tidak konstruktif.

  • Tingkatkan rasa percaya diri terhadap anak

Agar anak bisa tampil dengan percaya diri, maka berikan ia kesempatan untuk melakukan banyak hal dan jangan mudah melarangnya untuk bereksplorasi. Moms hanya perlu memberikan arahan, dukungan, dan mengingatkannya ketika anak salah. Selain itu, memberikan pujian atas apa yang sudah dilakukan oleh anak entah itu berhasil atau tidak berhasil . Ketika Moms akan memberikan pujian kepada anak juga tidak boleh berlebihan.

  • Membiasakan anak Untuk Berpola hidup sehat

Kesehatan mental yang baik cenderung akan membuat anak lebih sehat. Selain itu, anak juga akan lebih mampu membangun hubungan yang baik dengan orang lain, anak juga akan lebih cepat dalam menyerap pelajaran dengan baik, sehingga ia bisa tumbuh sebagai orang dewasa yang stabil.