Sekolah Film

Saat ini industri perfilman semakin diminati oleh banyak orang. Khususnya orang-orang yang memang sudah tertarik dari awal untuk menjadi seorang sineas. Bahkan, para calon sineas saat ini semakin dimudahkan dengan adanya sekolah film.

Di sekolah perfilman, para calon sineas akan mempelajari banyak hal tentang dunia perfilman. Tujuannya yaitu sebagai bekal setelah lulus nanti agar bisa langsung terjun ke dunia perfilman. Nah, berikut ini kami akan coba jelaskan apa saja mata pelajaran yang dipelajari di sekolah tersebut:

  1. Proses Produksi Film

Hal dasar yang menjadi pengetahuan di sekolah perfilman adalah mengetahui bagaimana cara memproduksi film yang baik dan benar. Di sekolah ini Anda akan belajar proses produksi dari awal hingga akhir. Anda juga akan mempelajari workflow dari pra produksi.

Proses produksi film yang akan dipelajari juga meliputi manajemen produksi. Intinya, Anda akan belajar bagaimana menjadi seorang produser pelaksana dalam pembuatan film dari awal hingga akhir.

Sekolah Film
Sekolah Film
  1. Mempelajari Screenwriting

Di sekolah perfilman, screenwriting adalah mata pelajaran wajib bagi para siswa. Karena di sini Anda akan mengenal teori-teori dasar penulisan skenario yang sangat penting sekali dalam proses produksi film.

Pelajarannya meliputi teori dasar Hero’s Journey, karakterisasi, dasar pemetaan logline, premis, struktur 3 babak, hingga membangun ide dasar. Dengan begitu, proses pembuatan film Anda akan menjadi lebih tertata dengan rapi.

  1. Mempelajari Sejarah Perkembangan Dunia Perfilman

Belajar dari sejarah akan menambah wawasan Anda terkait bidang perfilman. Anda bisa mengenal berbagai sejarah film di dunia maupun film nasional. Anda akan mempelajari era-era bagaimana film terbentuk hingga berkembang menjadi industri film modern seperti saat ini.

Tidak hanya mempelajarinya saja. Sejarah-sejarah perfilman tersebut nantinya akan diteliti oleh para siswa. Penelitian tentang sejarah tersebut meliputi aspek sosial, budaya, teknologi, hingga ekonomi industri.

  1. Belajar Bagaimana Menjadi Seorang Sutradara

Sutradara atau director memegang peranan penting di dalam pembuatans ebuah film. Di sini Anda pun akan belajar bagaimana cara kerja seorang sutradara. Apa saja fungsinya dan juga apa saja peran-perannya di dalam pembuatan sebuah film.

Anda pun akan belajar bagaimana cara membuat script breakdown, pembedahan storyboard, dan juga belajar bagaimana cara mempersiapkan karakter yang akan dihidupkan dalam film.

Pelajaran tentang bidang sutradara ini biasanya akan dibedah secara mendalam. Anda juga akan belajar bagaimana cara membedah script, membuat visualisasi konsep, belajar dasar-dasar akting, dan juga bloking pemain.

  1. Pelajaran Sinematografi

Sinematografi atau penata kamera adalah tugas yang penting untuk membuat film yang menarik dari segi visual. Anda akan belajar teori visual bagaimana cara membuat film dengan sinematografi yang bagus.

Di sini Anda akan belajar bagaimana cara pemakaian kamera video hingga membuat visual dan script.

  1. Editing Video dan Sound

Video dan sound menjadi dua elemen penting di dalam sebuah film. Anda juga akan belajar bagaimana cara proses editing film yang baik dan benar. Begitu juga dengan sound recording yang digunakan.

Keduanya akan dipelajari secara detail agar film yang dihasilkan menjadi lebih kualitas dan layak tayang. Anda juga akan belajar langsung di studio produksi yang lengkap dan juga nyaman. Dengan begitu, setelah lulus nanti Anda bisa langsung bekerja di bidang tersebut.

Demikian informasi seputar apa saja yang dipelajari di sekolah film. Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk mempelajarinya? Kini Anda bisa belajar di IDS Education. Anda bisa belajar industri perfilman secara lengkap di sana.