konstipasi pada anak

Anak merupakan makhluk yang masih rentan dalam segala aspek kehidupan. Semua yang mereka hadapi setelah terlahir ke dunia tidak mudah untuk diadaptasi. Baik dalam aspek kehidupan di luar maupun fungsi kerja semua organ dalam tubuhnya dan itu adalah alasan mengapa sering terjadi konstipasi pada anak.

Konstipasi atau sering dikenal sebagai sembelit merupakan keluhan yang sering diderita oleh anak-anak. Penyebabnya pun meliputi banyak hal, oleh karena itu orang tua harus ekstra perhatian terhadap pola makan maupun gizi pada anak. Simak yuk penyebab konstipasi pada anak agar orang tua bisa dengan mudah mengatasinya:

konstipasi pada anak
konstipasi pada anak
  1. Pola Makan

Pola makan menjadi penyebab terjadinya sembelit pada anak, sebab pencernaan mereka belum begitu sempurna mengolah makanan. Kekurangan asupan cairan untuk tubuh menjadi penyebab utama terjadinya sembelit. Selain itu perubahan asupan jenis makanan pun turut andil menjadi penyebab terjadinya hal ini. 

  1. Pengaruh Obat

Orang tua harus teliti dalam memilih jenis obat dan suplemen untuk anak. Karena jika zat besi pada obat atau suplemen anak terlalu tinggi dapat menimbulkan konstipasi. Untuk itu lebih teliti dalam memilih suplemen yang mengandung tinggi zat besi. Agar pencernaan anak selalu lancar dan bebas dari kata sembelit. 

  1. Rutinitas Keseharian Berubah

Mengapa rutinitas baru untuk anak bisa mengakibatkan konstipasi, karena beberapa alasan hal ini terjadi. Pertama, mungkin sang anak masih belum bisa beradaptasi pada kegiatan dan lingkungan barunya. Atau karena tidak terbiasa memakai toilet di tempat baru,  menyebabkan ia menahan untuk tidak buang air besar. Padahal jika sering terjadi seperti ini, konstipasi sudah dipastikan tidak bisa terhindarkan lagi. 

  1. Sedang Tidak Sehat

Jangankan anak-anak, orang dewasa pun kemungkinan mengalami sembelit ketika tubuh mereka tidak dalam keadaan sehat. Konstipasi terjadi karena pengaruh makanan dan minuman yang semakin sedikit. Untuk itu, berikan makanan bergizi yang tinggi lemak dan juga perbanyak asupan cairan. 

Meski penyebab yang menimbulkan terjadinya konstipasi pada anak. sangat banyak, akan tetapi 4 hal di atas menjadi penyebab yang utama. Semoga informasi ini bermanfaat dan anak menjadi tetap sehat terbebas dari konstipasi.