kualitas semen

Memilih semen yang memiliki kualitas semen yang baik, tentunya akan terasa mudah bagi segelintir orang yang sering berkecimpung langsung dengan dunia konstruksi bangunan. Namun lain cerita bila ini terjadi pada orang awam yang akan mencoba memilih semen yang benar-benar berkualitas. 

Karena mau dari pabrikan semen bagus sekalipun, jika teknik menyimpan semennya tidak benar, maka akan secara tidak langsung akan mempengaruhi kualitas semen nya itu sendiri. Untuk itu pada kesempatan kali ini, kami akan coba membahas mengenai cara memilih semen yang benar-benar berkualitas. Dan berikut adalah ulasannya. 

kualitas semen
kualitas semen
  • Kemasan semen masih tertutup dengan sempurna

Sebelum anda akan membeli semen pada suatu toko bangunan, ada baiknya anda memeriksa kertas pembungkus atau permukaan kantong semennya terlebih dahulu. Pastikan bila kantong semen masih tersegel dengan sempurna, dengan catatan tidak terdapat tambalan atau bekas dibuka. Karena bila itu terjadi, bisa dipastikan bahwa kualitas semen nya itu sudah kurang baik, karena sudah tercemar dengan apa yang ada di sekitarnya. 

  • Tekstur semen tidak menggumpal 

Saat pertama kali mau mengetes kualitas semen, maka anda bisa coba untuk meremasnya pertama kali. Bila terdapat ada gumpalan-gumpalan semen yang terasa mengeras saat digenggam, maka bisa dipastikan bahwa kualitas dari semennya itu sendiri sudah tidak baik. Hal ini dikarenakan tekstur semennya sudah tercampur dengan uap air, atau sudah terkontaminasi dengan kelembaban udara.

Untuk itu jangan dipakai dalam bahan bangunan, bila terdapat semen yang seperti ini. Kalaupun terasa hanya sebagian saja tekstur semennya menggumpal pada kantong semen, maka anda bisa mengakalinya dengan cara disaring atau diayak sebelum digunakan. Yang mana bagian halusnya masih bisa digunakan, sementara yang menggumpal sebaiknya tidak digunakan. 

  • Sudah berlogo SNI

Kalaupun anda masih awam atau minim pengetahuan mengenai semen ini, maka bisa mencoba pertama kali dengan memilih produk semen yang sudah berlabel SNI pada kantongnya. Karena hal ini bisa dipastikan bahwa produk semen tersebut, sudah teruji akan kualitas semennya. Seperti halnya semen tiga roda yang sudah berlogo SNI, anda bisa jadikan sebagai pilihan utama saat akan membeli semen untuk bahan bangunan anda.