nutrisi tumbuh kembang anak

Ada banyak sekali makanan anak yang ada di pasaran. Namun tidak semua makanan tersebut bernutrisi. Bunda harus memperhatikan kandungan nutrisi tumbuh kembang anak yang ada pada makanan. Karena, nutrisi sangat penting untuk kesehatan dan membantu mengoptimalkan tumbuh kembang si kecil.

Berikut kami akan jelaskan apa saja alasan yang harus bunda ketahui terkait pentingnya nutrisi untuk si kecil.

  1. Kebutuhan Nutrisi Anak Lebih Besar dari Orang Dewasa

Tidak semua orangtua tahu bahwa kebutuhan nutrisi anak jauh lebih besar dibandingkan dengan kebutuhan nutrisi orang dewasa. Bahkan kebutuhannya bisa empat kali lebih banyak dibandingkan orang dewasa.

Hal tersebut menjadi salah satu alasan kenapa bunda harus memperhatikan nutrisi si kecil dalam berbagai jenis makanan. Pastikan bunda memilih makanan yang kaya akan nutrisi. Dengan begitu, kebutuhan nutrisi harian si kecil bisa terpenuhi.

nutrisi tumbuh kembang anak
nutrisi tumbuh kembang anak
  1. Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Anak

Bunda pasti ingin memiliki anak yang tumbuh sehat dan kuat. Semua bisa diwujudkan dengan memenuhi dan memperhatikan asupan nutrisi si kecil. Ada banyak nutrisi yang berkhasiat pada tumbuh kembang anak. Dua di antaranya yaitu kalsium dan juga kandungan protein.

Kalsium adalah kandungan nutrisi yang bagus untuk kekuatan dan kesehatan tulang si kecil. Bahkan kalsium bagus untuk mengoptimalkan tinggi badan anak. Begitu juga dengan kandungan protein yang bagus untuk untuk perkembangan otot si kecil.

Untuk protein, ada dua jenis yang perlu diperhatikan. Yaitu jenis protein nabati dan protein hewani. Protein hewani biasanya didapatkan pada daging, dan protein nabati berasal dari sayuran atau kacang-kacangan.

  1. Mengoptimalkan Kecerdasan Anak

Ada beberapa kandungan nutrisi yang bagus untuk kecerdasan anak. Di antaranya seperti omega-3, omega-6, zat besi, dan kolin. Semua kandungan tersebut sangat bagus sekali untuk perkembangan kecerdasan anak. Semua asupan nutrisi tersebut ada pada berbagai jenis makanan.

Ada banyak sekali makanan yang mengandung nutrisi otak. Beberapa di antaranya seperti daging ikan, brokoli hingga susu. Silahkan bunda variasikan aneka jenis makanan tersebut untuk memenuhi kebutuhan nutrisi otak si kecil.

  1. Menjaga Kesehatan Anak

Berbagai jenis vitamin dapat mencegah berbagai macam jenis penyakit. Misalnya seperti vitamin A yang bagus untuk kesehatan mata, vitamin C untuk meningkatkan daya tahan tubuh, dan masih banyak lainnya. Menjaga kesehatan anak bisa dioptimalkan dengan memberi merekas asupan vitamin yang lengkap.

Anda bisa memenuhi berbagai asupan vitamin untuk anak untuk menjaga kesehatan si kecil. Selain multivitamin, bunda juga bisa memberi berbagai macam jenis makanan yang kaya akan vitamin dari sayuran hingga buah-buahan.

Selain itu, vitamin juga bisa berkolaborasi dengan kandungan lainnya. Misalnya seperti vitamin D yang berkolaborasi dengan kalsium. Vitamin D berperan sebagai nutrisi yang mengoptimalkan penyerapan kalsium di dalam tubuh.

  1. Melancarkan Peredaran Darah

Peredaran darah yang lancar sangat bagus sekali untuk tumbuh kembang anak. Peredaran darah bisa dioptimalkan dengan zat besi. Salah satu fungsi darah yaitu untuk mendistribusikan oksigen ke seluruh tubuh. Dengan begitu, kesehatan pun akan semakin optimal.

Bahkan, zat besi dapat melancarkan peredaran oksigen ke otak. Dengan begitu, perkembangan kecerdasan si kecil pun ikut optimal.

Kesimpulan

Mengenal nutrisi yang untuk anak-anak sangat penting untuk diketahui oleh setiap orangtua. Pasalnya, nutrisi dapat membantu mengoptimalkan tumbuh kembang anak, dan juga menjaga kesehatannya.

Demikian ulasan seputar beberapa manfaat nutrisi tumbuh kembang anak yang jarang diketahui. Semoga dari penjelasan ini bunda bisa mengoptimalkan tumbuh kembang anak secara optimal dengan rajin memilih jenis makanan yang cocok untuk pertumbuhannya.