cincin berlian

Berlian merupakan batu mulia yang sering kali dijadikan sebagai hiasan pada berbagai jenis perhiasan, salah satunya cincin. Penggunaan berlian pada pusat utama cincin bisa membuatnya tampak lebih indah dan berkelas. Karena hal tersebut tidak heran apabila wanita sangat suka dengan cincin berlian meskipun harganya mahal. Ya, cincin dengan berlian lebih mahal dibandingkan dengan cincin batu permata lainnya. Ada beberapa alasan yang mendasari mengapa berlian membuat cincin menjadi mahal.

Alasan Cincin dari Berlian Mahal

cincin berlian
cincin berlian
  • Tingkat Kesulitan Menambang

Berlian terbentuk secara alami akibat lingkungan panas dan bertekanan tinggi. Proses pengambilan berlian dari dalam bumi dilakukan dengan cara menambang. Tentu saja proses ini tidak bisa dilakukan oleh sembarang manusia. Dibutuhkan alat berat, truk, sekop hidrolik, serta peralatan mahal lainnya untuk mendapatkan berlian. Kesulitan menambang berlian ini yang kemudian membuat harganya mahal.

  • Proses pemotongan dan pemolesan tidak mudah

Berlian dari dalam bumi tidak seperti yang kita lihat di cincin. Ada proses pemotongan dan pemolesan yang harus dilakukan. Proses ini hanya bisa dilakukan oleh profesional saja. Pasalnya prosesnya cukup kompleks dan membutuhkan tenaga, waktu, maupun keahlian tinggi.

  • Faktor Kelangkaan

Berlian memang bisa dibilang tidak terlalu langka. Akan tetapi berlian yang memiliki kualitas terbaik sangat jarang ditemukan. Hanya sekitar 30% berlian saja yang memenuhi kriteria untuk dijadikan sebagai cincin. Jadi bisa dikatakan bahwa berlian untuk dijadikan perhiasan yang langka.

  • Daya Tahan

Berlian adalah batu paling keras dan salah satu mineral terkuat di dunia. Batu ini tidak bisa digores maupun dihancurkan dengan mudah. Daya tahannya yang tinggi ini membuat berlian lebih dicintai dibandingkan dengan batu permata lainnya. Pasalnya dengan daya tahan yang tinggi, berlian bisa bertahan lebih lama.

Faktor yang Menentukan Harga Cincin dari Berlian

  • Warna berlian

Warna menjadi salah satu faktor yang menentukan harga cincin berlian. Semakin bening warna berlian tentu saja harganya semakin mahal. Selain itu, berlian asli berwarna atau yang lebih dikenal dengan istilah diamond fancy color memiliki harga yang sangat tinggi.

  • Potongan berlian

Potongan berlian mempengaruhi harga karena semakin baik potongannya maka semakin indah kilaunya. Apabila potongannya buruk maka berlian akan tampak lebih kusam meskipun kerjenihannya sempurna. Potongan ini berhubungan dengan proporsi dari berlian itu sendiri. 

  • Berat karat

Karat mungkin sering Anda dengar ketika membeli perhiasan emas. Pada perhiasan berlian, satu karat adalah 200 miligram. Semakin besar nilai karat maka harganya juga akan semakin tinggi. Namun perlu Anda ketahui jika karat berbeda dengan besar berlian. Karena nilai karat berlian yang sama belum tentu memiliki ukuran yang sama.

  • Kejernihan

Kejernihan diukur dengan menilai beberapa faktor seperti jumlah mineral pencemar, ukuran pencemar, lokasi pencemar, warna pencemar, hingga jenis pencemar. Apabila kerjenihannya tinggi maka harganya juga tinggi. Pasalnya kilauan berlian akan indah apabial kerjenihannya tinggi.

  • Sertifikat

Hampir semua berlian asli di pasaran pasti memiliki sertifikat. Pasalnya sertifikat ini digunakan sebagai jaminan keaslian. Selain itu, sertifikat juga berisi spesifikasi berlian seperti potongan, berat karat, kejernihan, dan warna.

Itulah berbagai alasan mengapa harga cincin dari berlian lebih mahal dibandingkan cincin lainnya. Dari penjelasan di atas bisa disimpulkan bahwa cincin dari berlian memang sangat berkualitas sehingga wajar jika harganya mahal. Apakah Anda juga tertarik mengoleksi perhiasan berlian? Mondial Jeweler menghadirkannya lengkap untuk Anda. Selain cincin wanita, ada juga cincin berlian pria dengan desain menarik. Langsung kunjungi store Mondial Jeweler atau websitenya di mondialjeweler.com untuk menemukan cincin favorit Anda.