cara mengatasi sakit perut pada anak

Sakit perut sering terjadi karena gangguan yang umumnya ringan. Meski begitu, Ada juga kondisi sakit perut yang cukup berat dan membutuhkan penanganan medis. Di lain sisi, cara mengatasi sakit perut pada anak tergolong berbeda-beda tergantung dari penyebabnya.

Beberapa penyebab umumnya bisa ditangani secara mudah di rumah dengan pengobatan sederhana. Berikut kami jelaskan tips mengatasi sakit perut si kecil dengan gejala-gejala ringan.

Cara Mengatasi Sakit Perut Ringan dan Jenisnya

Sakit perut ringan umumnya mudah diatasi. Selain itu, jenis sakit perut ringan ini juga tergolong cukup banyak. Sebelum mengatasinya, Anda harus mengenalnya satu per satu.

Kebanyakan jenis sakit perut akan hilang dalam waktu-waktu tertentu, khususnya jenis sakit perut yang ringan seperti berikut:

  • Masalah perut kembung.
  • Naiknya asam lambung.
  • Alergi terhadap makanan.
  • Konstipasi.
  • Kolik.
  • Munculnya radang tenggorokan.
  • Depresi atau mengalami kecemasan.

Dari penyebab-penyebab di atas, maka bisa diambil tindakan-tindakan. Misalnya kembung yang harus menghindari penghisapan dot kosong yang sering dilakukan oleh anak-anak. Selanjutnya mengatasi radang tenggorokan terlebih dahulu agar sakit perut si kecil hilang.

Begitu juga dengan penyebab-penyebab lainnya. Anda bisa mengatasinya dari penyebabnya tersebut sehingga menemukan solusi yang tepat.

cara mengatasi sakit perut pada anak
cara mengatasi sakit perut pada anak

Kapan Harus Ke Dokter?

Anda juga harus mengetahui kondisi sakit perut parah yang mengharuskan si kecil untuk segera dibawa ke dokter. Khususnya untuk kondisi-kondisi sakit perut yang tergolong berat dan menyebabkan kondisi kesehatan mereka terus memburuk.

Adapun sakit perut yang tergolong berat yaitu seperti usus buntu, tukak lambung, hernia, sumbatan aliran makanan di dalam usus, batu empedu, dan sebagainya.

Sakit perut ini berbeda dari sakit perut biasa. Intensitas dan juga rasa sakit yang dialami pun tentu lebih mengkhawatirkan.

Jika si kecil mengindikasikan sakit perut yang tidak biasa, maka sebaiknya segera periksa ke dokter untuk didiagnosa lebih lanjut. Setelah itu dokter akan menentukan apa penyebabnya dan cara mengobatinya.

Gejala Sakit Perut Anak yang Harus Diwaspadai

Sakit perut juga memiliki tanda-tanda yang harus anda waspadai. Tanda-tandanya pun tergolong cukup banyak. Berikut kami jelaskan apa saja tanda-tanda atau gejala sakit perut yang sering terjadi pada anak-anak.

  • Si kecil menjadi lebih rewel dibandingkan biasanya. Selain itu, mereka juga cenderung susah makan dan suka menarik kakinya ke arah perut.
  • Anak yang sakit perut biasanya tidak berminat bermain. Mereka juga tidak mau makan maupun minum selama beberapa jam.
  • Beberapa penyebab sakit perut pada anak-anak juga sering disertai dengan gejala muntah, demam, dan diare.
  • Anak terlihat lesu, berkeringat, mengantuk, dan pucat.
  • Si kecil selalu menggosok-gosokkan perutnya terutama di bagian pusar. Karena di bagian tersebut ada lokasi rasa sakit yang utama.

Kenali gejala-gejala di atas agar Anda bisa mengetahui kondisi kesehatan si kecil. Tanda pertama bisa dilihat dari apakah si kecil tersebut rewel atau tidak?Selanjutnya ketahui juga apakah pola makan si kecil teratur atau tidak.

Dengan mengenali gejala-gejalanya, Anda bisa menilai kondisi kesehatan si kecil secara optimal dan mengatasinya sejak dini.

Kesimpulan

Sakit perut pada anak terbagi dua, ada yang memiliki gejala ringan dan ada juga yang memiliki gejala berat yang membutuhkan penanganan dokter. Dengan mengenalinya, kini Anda bisa mengetahui bagaimana cara mengatasinya secara mudah.

Bagaimana, apakah kini Anda sudah tahu cara mengatasi sakit perut pada anak? Yuk kenali sejak dini agar Anda bisa mengatasinya secara cepat. Kenali juga kondisi sakit yang mengharuskan si kecil untuk segera pergi ke dokter.