Beras atau nasi adalah makanan yang serbaguna. Setelah bayi cukup besar untuk makan makanan padat, saran yang diberikan oleh banyak orang adalah mulai dengan memberikan sereal berbahan dasar beras. Misalnya saja seperti Cerelac beras merah. Alasan di balik ini adalah bahwa makanan berbasis beras bebas alergen. Beras hadir dalam berbagai warna, ukuran, dan bentuk. Beras merah memenuhi syarat sebagai makanan yang sempurna untuk bayi karena padat nutrisi dan memiliki kandungan serat yang tinggi.

 

Apa Itu Beras Merah? Apa Bedanya dengan Nasi Putih?

Beras merah adalah beras gandum utuh yang hanya dibuang kulitnya. Ini mempertahankan serat yang terkandung di dalamnya. Ini adalah beras yang “tidak dipoles”. Setelah bibit dikeluarkan dari biji yang sama, itu disebut nasi putih. Selama langkah ini, beberapa vitamin, mineral, asam lemak, dan serat juga dihilangkan. 

Jadi, perbedaannya terletak pada pengolahan dan kandungan nutrisinya. Beras merah membutuhkan lebih banyak waktu untuk dimasak. Namun, itu bisa membuat bayi kenyang lebih lama. Anda dapat menyiapkan hampir semua hidangan yang Anda buat dengan nasi putih dengan nasi merah juga. Namun, rasanya tidak “netral” seperti nasi putih.

 

Mengapa Beras Merah Lebih Baik Daripada Beras Putih Untuk Bayi Anda?

Cerelac beras merah lebih dianjurkan untuk bayi karena mempertahankan sebagian besar nilai gizinya, tidak seperti nasi putih dan juga cocok dengan jenis makanan lain. Karena sarat dengan nutrisi, ini membantu menjaga siklus pertumbuhan bayi yang cepat.

 

 

 

Kapan Waktu yang Tepat Memperkenalkan Beras Merah ke Makanan Bayi?

Ada baiknya mengenalkan bayi pada beras merah sedini mungkin agar bayi terbiasa dengan rasanya karena rasanya yang sangat berbeda dengan rasa nasi putih. Para ahli di bidang kesehatan memberikan saran untuk memperkenalkan beras merah kepada bayi. Dan juga sesegera mungkin setelah si kecil memulai asupan makanan padatnya, yang idealnya adalah enam bulan atau lebih.

 

Berapa Nilai Gizi Beras Merah?

Beras merah lebih menguntungkan daripada nasi putih ketika Anda mengevaluasi kandungan nutrisinya. Ini kaya akan kandungan serat dan protein. Nutrisi beras merah telah direkomendasikan sebagai asupan harian dari mineral dan vitamin berikut:

 

  • Mangan 45%
  • Magnesium 11%
  • Niasin 8%
  • Fosfor 8%
  • Vitamin B6 7%
  • Tiamin 6%
  • Seng 4%
  • Besi 2%

 

Apa Manfaat Beras Merah Untuk Bayi?

Ada sangat sedikit alergi yang diketahui dari konsumsi beras merah. Ini membantu jika bayi mengalami sembelit karena memiliki serat yang baik, yang membantu melonggarkan tinja. Ini memiliki asam lemak yang dibutuhkan, yang sangat penting untuk perkembangan bayi. Jadi tidak ada salahnya jika Anda memberikan Cerelac beras merah untuk si kecil kesayangan Anda.