Perawatan pada mobil memang memiliki banyak nama dan tentunya setiap nama perawatan memiliki teknik yang berbeda-beda. Siapa sangka perawatan mesin antara overhaul dengan tune up pun berbeda. Makin penasaran, kan, dengan perbedaan overhaul dan tune up? Simak ulasannya, ya!

 

Sebelum Anda mengetahui perbedaan overhaul serta tuneup ada baiknya Anda kenali pengertiannya di antara keduanya terlebih dahulu. Apa itu overhaul dengan tune up?

 

Apa itu Overhaul dan Tune Up?

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa  overhaul dan tune up memang sama-sama cara perawatan pada mesin mobil. Namun keduanya memiliki teknik yang berbeda. 

Overhaul sendiri dikenal dengan istilah turun mesin, dengan overhaul permasalahan pada mesin bisa diatasi. Tentu saja melewati beberapa tahapan seperti  membongkar komponen mesin serta  penggantian terhadap komponen mesin bermasalah.

 Sementara tune up adalah cara perawatan mesin dalam mengembalikan performa mesin pada semula dengan membongkar keseluruhannya. Tune up biasanya dilakukan secara rutin dengan minimal 6 bulan sekali. 

Melihat pada pengertian overhaul dan tune up saja dapat kita simpulkan bahwa keduanya sangatlah berbeda. Oleh karena itu Anda tidak boleh sembarang memaknai keduanya merupakan hal yang sama.

 

 

 

Beda Over Haul – Tune Up

Seperti yang sudah dijelaskan pada pembahasan pengertian di atas, bahwa keduanya sangatlah penting untuk dilakukan. 

Overhaul atau yang dikenal sebagai salah satu cara perawatan turun mesin ini memiliki tujuan sebagai bentuk untuk memperbaiki komponen yang rusak biasanya dilakukan dengan melakukan pembersihan pada bagian ruang bakar dari sisa-sisa karbon, melakukan atur ulang dudukan katup ataupun klep, serta dilakukannya pemeriksaan komponen yang ada pada mesin. 

Sementara tune up dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui lebih awal mengenai komponen yang rusak, selain dari melakukan perawatan mesin untuk mengembalikan performanya. Dalam perawatan tune up terdapat beberapa komponen bagian penting pada mesin untuk dilakukan pemeriksaan.

Nah, itulah perbedaan overhaul dan tune up. Melihat pada penjelasan di atas, kini Anda sudah lebih paham bukan mengenai kedua hal tersebut. Sekarang Anda tidak boleh salah lagi dalam memaknai keduanya, ya!