Perumahan Private Residence

 

Sebagian besar orang mungkin sudah tahu tentang program PPR Syariah dari Bank Danamon. Program PPR Syariah ini juga disebut dengan program pembiayaan perumahan syariah dengan sistem kerjasama modal. Berikut ini simulasi pembiayaan PPR Syariah Bank Danamon!

Contoh Simulasi pembiayaan PPR Syariah

Langsung saja, berikut ini contoh simulasi pembiayaan PPR Syariah Bank Danamon:

Misalnya ada sebuah rumah yang ingin dibeli oleh nasabah, harga rumah tersebut sebesar Rp. 1.000.000.000,00. Uang muka yang dibayar oleh nasabah sebesar yaitu Rp. 200.000.000,00, jadi total pembiayaan sebesar Rp. 800.000.000,00. Nasabah mengambil jangka waktu pembiayaan selama 120 bulan. Simulasi indikasi eq. rate bagi hasil dengan sewa sebesar 10%. Maka, angsuran perbulan menjadi sebesar Rp.  10.572.059,00. 

Besarnya biaya sewa serta nisbah bagi hasil didasarkan pada kesepakatan antara pihak bank dengan nasabah. Hal ini bisa direview setiap 12 bulan. Sistem angsuran yang dipakai memakai sistem angsuran tetap atau anuitas.

FTV (Financing to Value) terhadap Besarnya DP

Ketentuan tentang batas ratio FTV dilakukan dengan tetap memperhatikan ketentuan OJK, tidak lupa dengan selalu memperhatikan syarat dokumen yang dibutuhkan.

Jangka Waktu

Jangka waktu yang bisa diambil oleh nasabah terhadap pembiayaan perumahan syariah yaitu maksimal 20 tahun. Sedangkan untuk pembiayaan properti berupa apartemen memiliki jangka waktu selama 15 tahun. Catatan penting yang perlu diperhatikan yaitu bahwa subjek review akan disesuaikan dengan ketentuan pihak Bank. 

Simulasi Biaya yang Dikeluarkan Nasabah

Selain biaya DP properti, nasabah juga wajib mengeluarkan biaya administrasi, materai, notaris, asuransi dan penilaian jaminan.

Limit Pembiayaan

Masing-masing nasabah memiliki limit pembiayaan Rp. 100.000.000,00 dengan maksimal Rp. 5.000.000.000 dengan terlebih dahulu mendapatkan persetujuan pihak Bank. 

Objek yang bisa dibiayai untuk pembiayaan perumahan syariah yaitu meliputi:

  1. Kepemilikan rumah dan ruko baik yang baru maupun bekas
  2. Kepemilikan apartemen
  3. KSB atau Kavling Siap Bangun
  4. Refinancing atau KMG

Apabila Anda memiliki pertanyaan atau pengaduan terkait pembiayaan PPR Syariah Bank Danamon, Anda bisa bertanya langsung ke CS Bank Danamon di 1500-090 melalui panggilan telepon.