liontin berlian asli.

Liontin adalah salah satu bagian terpenting dari sebuah kalung. Keindahan sebuah kalung biasanya sangat bergantung pada keindahan liontin yang digunakan. Jenis liontin yang paling indah dan paling disukai oleh wanita adalah liontin berlian asli. Bukan karena harganya yang mahal saja namun karena keindahan yang ditawarkan memang sangat memukau. 

Keunggulan membeli liontin yaitu Anda bisa mengganti-gantinya dengan mudah. Jadi satu buah rantai kalung bisa memiliki beberapa liontin sekaligus sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan penampilan.

Namun sayangnya masih ada saja liontin berlian palsu yang beredar di pasaran. Apabila tidak cermat memilih, bisa saja Anda ditipu dengan barang yang palsu. Untuk menghindarinya, terapkan cara mengetahui keaslian liontin berlian berikut ini:

liontin berlian asli.
liontin berlian asli.

Lakukan Tes Embun

Cara pertama bisa dikatakan sebagai cara paling mudah karena Anda tidak membutuhkan alat apapun. Cara yang dikenal bernama tes embun ini dilakukan dengan menghembuskan napas ke bagian berlian. Hal tersebut sama seperti ketika Anda menghembuskan napas pada cermin. Setelah hembusan nafas tersebut, suhu batu berlian akan meningkat. Pada berlian palsu, tidak akan keluar kabut setelah dilakukan tes embun. Sebaliknya, berlian palsu akan meninggalkan embun selama beberapa detik.

Gunakan Kaca Pembesar Khusus

Anda bisa mencari kaca pembesar khusus yang memang berfungsi untuk melihat keaslian berlian. Biasanya kaca pembesar ini bisa Anda temukan di toko perhiasan. Tidak seperti bayangan Anda, liontin berlian asli ternyata memiliki tanda cacat atau inklusi. Inklusi tersebut terbentuk dari proses alami pembentukan berlian. 

Dengan kaca pembesar, Anda bisa melihat inklusi pada berlian. Berlian yang terlalu mulus malah diragukan keasliannya. Pasalnya berlian tersebut bisa saja diproduksi di laboratorium dengan sempurna. Sedangkan berlian asli biasanya memiliki inklusi stabil atau tidak terlalu banyak.

Gunakan Kertas Koran atau Buku

Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah menggunakan kertas koran atau buku. Namun cara ini hanya bisa dilakukan apabila berlian Anda tidak ditutupi oleh logam. Pasalnya Anda harus meletakkan berlian di atas koran atau buku yang telah disiapkan. Selanjutnya lihat apakah tulisan pada koran atau buku terlihat. Apabila terlihat, maka bisa dipastikan bahwa liontin Anda palsu. Pasalnya ciri-ciri berlian asli adalah memiliki bias cahaya yang membuat benda di seberang tidak nampak.

Goreskan Pada Benda Tertentu

Beberapa orang mungkin merasa sayang apabila menggoreskan liontin berlian asli pada benda tertentu. Namun perlu Anda ketahui bahwa liontin asli memiliki kekuatan yang tinggi. Jadi liontin tidak akan rusak ataupun tergores dengan mudah. Apabila liontin tergores, kualitasnya pasti sangat buruk atau bahkan liontin tersebut adalah liontin palsu.

Lihat Sertifikat Berlian

Cara terakhir juga termasuk cara yang paling mudah yaitu melihat sertifikat berlian. Setiap liontin asli pasti memiliki sertifikat masing-masing. Fungsinya untuk memastikan bahwa berlian yang diberi asli. Pada sertifikat ini juga ada spesifikasi liontin yang Anda beli. Namun pastikan bahwa sertifikat yang diberikan adalah sertifikat asli dari lembaga kredibel seperti GIA.

Itulah cara mudah untuk mengetahui liontin berlian asli atau tidak. Selain kelima cara di atas, Anda juga harus memastikan untuk membeli liontin di toko yang terpercaya. Mondial Jeweler adalah pilihan yang tepat karena kredibilitasnya tidak perlu diragukan lagi. Brand satu ini berada di bawah naungan PT Central Mega Kencana. Ada banyak perhiasan berlian asli yang ditawarkan, salah satunya yaitu liontin. Selengkapnya bisa langsung Anda lihat pada website Mondial Jeweler yaitu www.mondialjeweler.com