perhiasan berlian

Wanita mana yang tidak menyukai perhiasan, apalagi yang terbuat dari berlian. Tidak heran jika perhiasan berlian selalu menjadi incaran kaum hawa. Bahkan tidak sedikit yang memilih untuk mengoreksi perhiasan mewah tersebut. 

Berlian memang memiliki keistimewaan tersendiri. Selain terlihat mewah, harganya yang tinggi juga memberi status sosial bagi sang pengguna perhiasan. Sehingga ketika mengenakannya, kepercayaan diri pemilik perhiasan juga ikut terangkat tinggi. Mereka merasa lebih cantik, anggun, serta penuh rasa percaya diri.

Cara Memilih Perhiasan Berlian yang Asli

perhiasan berlian
perhiasan berlian

Selain perhiasan emas, wanita juga cenderung menyukai perhiasan berlian terbaru. Namun masih banyak yang tidak tahu bagaimana caranya memilih berlian asli. Sehingga berlian yang dibeli terkadang kualitasnya tidak sesuai dengan harapan. 

Bagi Anda yang ingin membeli berlian untuk pertama kalinya. Berikut ini akan dijabarkan bagaimana cara memilih berlian asli dengan kualitas tinggi. 

Colour

Warna berlian memiliki pengaruh kuat pada harga dan keindahannya. Jadi jangan menyepelekan permasalahan warna ketika ingin membeli berlian. Batu mulia ini berasal dari karbon yang mengalami perubahan zat karena pemampatan selama ribuan tahun. Sehingga berubah menjadi batu keras dengan warna yang jernih. 

Namun, dalam proses itu sering pula ada campuran zat yang mengakibatkan percampuran warna berbeda. Sehingga berlian berwarna kekuningan atau kecoklatan. Namun, ada juga yang berwarna biru, pink atau hitam. 

Berlian yang paling mahal berwarna bening tanpa ada jejak warna lain. Untuk mengetahui apakah berlian tersebut memiliki campuran warna, dibutuhkan alat khusus berupa teropong. 

Clarity

Clarity berarti kejernihan pada berlian, semakin jernih batunya, semakin mahal harganya. Batu mulia umumnya memiliki cacat goresan atau gelembung air yang mengganggu keindahan. Jika cacat tersebut berukuran besar, maka harga berlian pun akan jatuh. Apalagi jika cacat itu dapat dilihat dengan mudah. Sebaliknya, jika cacat tidak terlihat dengan mata telanjang atau teropong khusus berlian, maka harganya semakin melonjak. 

GIA mengeluarkan standar khusus untuk untuk menggolongkan kadar kejernihan berlian. Dari Flawless (FL) yang tidak memiliki cacat, lalu Internally Flawless dengan bekas cacat yang hanya bisa dilihat dengan alat khusus. Ada juga Very Very Slightly Included (VVS), Very Slightly Included (VSI) hingga Included(I) yang dibanderol harga paling rendah. 

Carat

Tidak seperti logam mulia yang dihitung berdasar gram, batu mulia dihitung dengan menggunakan satuan karat. Karat ini sama nilainya dengan 0,2 gram. Semakin besar ukuran karatnya, maka semakin mahal harga berlian. Berlian dengan ukuran besar kebanyakan dipilih sebagai batu utama, dengan batu berlian kecil yang menjadi hiasan tambahan. 

Bagi Anda yang ingin menyimpan berlian sebagai investasi, maka lebih baik memilih ukuran minimal 0,5 karat. Jika lebih kecil dari itu, lebih baik digunakan sebagai perhiasan saja. 

Cut

Potongan berlian menjadi penentu utama bagaimana berlian itu akan memancarkan cahaya. Meski memiliki kejernihan dan warna yang bagus, jika potongannya tidak tepat, berlian pun tampak kurang menarik. Jadi sebaiknya Anda memilih membeli berlian pada ahli berlian yang lihai, sehingga berlian tetap tampil menawan. 

GIA juga menerapkan 4 syarat untuk potongan berlian ini. Mulai dari Excellent, Very Good, Good, Fair, dan Poor. Excellent merupakan potongan terbaik, sedang Poor menjadi kualitas rendah. 

Demikian empat persyaratan yang harus menjadi pertimbangan ketika membeli perhiasan berlian. Namun, jika Anda ingin lebih praktis, bisa membeli langsung di Mondial Jeweler, toko perhiasan yang sudah terkenal dengan kualitasnya.