Aplikasi Diet

Siapa nih yang sering berusaha diet tapi belum berhasil juga? Nah, mungkin ada yang salah dengan diet yang kamu lakukan. Tahu nggak sih kalau ternyata diet terdiri dari banyak jenis? Munculnya berbagai macam jenis diet ini bisa didasari oleh kondisi kesehatan setiap orang yang berbeda-beda. So, dengan memilih jenis diet yang tepat maka kamu pun akan lebih mudah untuk meraih target body goal dan aman untuk kesehatan. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi diet Sirka lho untuk mendapatkan informasi lengkap tentang diet atau segala sesuatu yang berhubungan dengan diet. Nggak usah ragu dengan informasi yang kamu dapatkan karena langsung jawab oleh ahli gizi dan tenaga kesehatan.

Diet Vegetarian

Kamu pasti tidak asing dengan kata vegetarian kan? Yup, vegetarian ini selain menjadi gaya hidup juga merupakan salah satu jenis diet yang sudah banyak dilakukan di seluruh dunia lho. Mereka yang memilih diet ini sama sekali tidak mengkonsumsi bahan makanan dari hewan seperti daging dan produk-produk olahannya.

Vegan hanya mengkonsumsi makanan yang berasal dari tumbuhan seperti buah dan sayur. Banyaknya ragam buah dan sayur bisa untuk memenuhi kebutuhan gizi seperti protein, karbohidrat, lemak, serat vitamin dan mineral.

Aplikasi Diet
Aplikasi Diet

Diet Alkali

Jenis diet yang berikutnya yaitu diet alkali. Well, buat yang masih belum familiar dengan istilah ini yaitu diet yang bertujuan menyeimbangkan pH tubuh. Cara menjaga keseimbangan pH tubuh itu sendiri yaitu dengan memperbanyak asupan makanan bersifat basa atau alkali.

Diet ini tidak hanya menurunkan berat badan lho karena juga bisa menghambat proses penuaan dan mencegah penyakit kronis. Kamu yang memilih diet alkali tidak disarankan untuk mengkonsumsi makanan instan, daging, makanan berbahan tepung, makanan berminyak dan gula rafinasi. Makanan tersebut bersifat asam sehingga dapat memicu timbulnya berbagai macam penyakit.

Diet Ketogenik

Nah, kalau jenis diet ketogenik pasti sudah sering dengar kan? Alright, diet ini lebih dikenal dengan diet keto yang mana menekankan untuk mengurangi konsumsi karbohidrat. Orang yang melakukan diet keto disarankan lebih banyak mengkonsumsi lemak. Eits, perlu diingat yang dikonsumsi harus lemak sehat ya. Alpukat, kacang-kacangan dan ikan merupakan bahan makanan merupakan sumber lemak sehat tersebut. Manfaat diet keto juga bisa untuk mengontrol kadar gula darah lho sehingga bisa untuk penderita diabetes tipe 2. Resiko penyakit yang bisa dikurangi dengan diet keto yaitu gangguan sistem saraf dan juga jantung.

Diet Mediterania

Sekilas, jenis diet mediterania ini mirip dengan vegetarian karena lebih banyak menekankan pada konsumsi yang berbahan dasar tanaman. Namun demikian, diet mediterania masih boleh mengkonsumsi unggas dan ikan dalam jumlah sedang. Istilah diet ini memang berasal dari Mediterania yaitu kawasan Eropa Selatan. Manfaat kesehatan dari diet mediterania ini juga sama seperti diet lainnya yaitu mencegah penyakit kronis.

Diet Mayo

Jenis diet yang terakhir yaitu ada diet Mayo yang dicetuskan oleh Mayo Clinic. Jika pada umumnya diet mengurangi asupan kalori namun pada diet Mayo lebih ditekankan untuk mengurangi garam. So, kamu yang tertarik diet Mayo harus mengurangi makanan yang asin serta makanan instan ya.

Lantas, apa kaitannya garam dengan berat badan? Nah, bagi kamu yang belum tahu ternyata garam bersifat mengikat air yang membuat berat badan bertambah. Ketika konsumsi garam sudah banyak berkurang maka air tersebut akan dilepaskan sehingga berat badan akan turun dengan cepat.