tips menyapih anak

Setelah bayi yang ada di perut Bunda  lahir di dunia dan setelah memperoleh ASI dari Bunda maka tugas selanjutnya dari orang tua adalah dengan menyapih anak karena untuk membantu pertumbuhan dan perkembangannya setelah Si Kecil mengenal ASI dan makanan pada. Seringkali periode atau fase menyapih anak ini tidak semudah yang dipikirkan. Walaupun tidak selalu tetapi proses menyapih ini cukup menjadi sebuah tantangan bagi para orangtua. Maka dari itu para orang tua penting untuk mengetahui tips menyapih anak secara efektif tanpa mengganggu Bunda maupun Si Kecil.

Perlu Bunda ketahui sebelumnya pengertian dari menyapih. Menyapih merupakan sebuah periode dimana anak mulai belajar makan makanan padat seutuhnya tanpa adanya tambahan ASI atau air susu ibu. Secara ideal Si Kecil akan telah menerima ASI eksklusif sejak ia lahir. Maka seiring perkembangan waktu tidak menutup kemungkinan bahwa terdapat beberapa masalah ibu menyusui. Setelah genap 2 tahun biasanya anak akan mulai dikenalkan cara menyapih secara alami dan perlahan supaya tidak rewel. Maka dari itu berikut ini adalah beberapa tips menyapih anak secara efektif untuk menyapih anak, antara lain:

tips menyapih anak
tips menyapih anak

Berkomunikasi dengan Baik

Cara yang pertama adalah berkomunikasi meskipun usia Si Kecil masih tergolong sangat mudah namun dengan memberi pengertian terhadap perubahan itu sangat penting. Bunda perlu belajar bagaimana cara menyampaikan langsung kepada Si Kecil supaya bisa mengubah kebiasaan menyusunnya.

Mengubah Kebiasaan Makan Si Kecil

Biasakan untuk bangun sebelum Si Kecil bangun ketika Bunda berbagi tempat tidur dengannya. Lalu siapkan makanan untuk Si Kecil lebih dulu sehingga pada saat ia bangun makanan telah siap untuk dimakan. Ketika Si Kecil merasakan lapar maka segera berikan makanan padat yang bergizi tersebut.

Mulai Menawarkan Botol Susu

Tips selanjutnya Bunda dapat mencoba untuk menawarkan botol susu pada Si Kecil daripada menyusu langsung pada Bunda sebagai cara untuk menyapih. Botol susu tersebut dapat diisi dengan ASI atau susu tumbuh kembang lainnya.

Ketika proses menyapih anak telah dilakukan dengan berhasil. Maka Bunda dapat membantunya untuk melengkapi kebutuhan gizi dan nutrisinya dengan susu pertumbuhan anak seperti Dancow Gum. Susu pertumbuhan yang satu ini secara khusus diformulasikan untuk usia toddler dengan kandungan 0 gram sukrosa dan lebih banyak di vitamin d dibandingkan dengan formula sebelumnya.