Jika memiliki kendaraan keluarga, maka Anda harus memperhatikan ban yang digunakan. Pasalnya, ban mobil terbaik untuk kendaraan keluarga bisa mempengaruhi kenyamanan sekaligus keamanan. Untuk mendapatkan ban terbaik, maka Anda harus mengetahui kegunaan dari mobil. Artikel ini memberikan informasi mengenai tipe-tipe ban mobil untuk kendaraan keluarga. 

Tipe Ban Mobil Terbaik untuk Kendaraan Keluarga

Langsung saja, berikut ini adalah tipe ban mobil untuk kendaraan keluarga yang bisa Anda pilih:

1. Ban untuk Mobil SUV

SUV atau Sport Utility Vehicle merupakan jenis mobil keluarga yang paling banyak dipilih karena mampu menangani berbagai macam jalanan. Mulai dari jalanan on-road sampai dengan off-road atau tak beraspal. 

Jika mobil Anda bertipe SUV, maka tipe ban yang bagus yaitu yang mampu melakukan pengereman dengan kuat. Pasalnya, kendaraan SUV memiliki daya dorong yang lebih besar sehingga daya cengkeraman dari ban harus lebih kuat.

2. Ban untuk Mobil Off-road

Sering bepergian ke jalanan off-road atau belum beraspal bersama keluarga. Tipe yang bagus untuk jalanan off-road tentu saja yang memiliki teknologi khusus. Teknologi tersebut memberi performa superior dan ketahanan pada dinding samping. Sehingga, mampu meredam suara dan memberikan sensasi lebih nyaman selama perjalanan.

3. Ban untuk Jalanan Basah atau Licin

Terkadang Anda mungkin juga sering berada di jalanan yang basah atau licin. Maka, Anda harus mencari ban yang memiliki teknologi khusus. Ban tersebut harus mampu meningkatkan performa pengereman di jalanan basah. 

Biasanya, ada ban khusus yang memang bagus untuk negara tropis. Desainnya dibuat asimetris agar pengendara bisa langsung merasakan performa pengendalian yang lebih baik. 

4. Ban untuk Perjalanan Jauh

Tipe ban mobil terbaik selanjutnya yaitu untuk perjalanan jauh. Mobil keluarga sangat sering dipakai untuk perjalanan jauh seperti dinas luar provinsi, pulang kampung, dan lain sebagainya. Carilah ban yang mampu memberikan kenyamanan berkendara dalam jarak tempuh jauh. 

Selain itu, Anda juga perlu mencari ban yang memiliki daya tahan tinggi. Ada ban yang memiliki fitur untuk meredam benturan di dinding ban saat berada di jalanan berlubang. Ban tersebut cocok untuk perjalanan jauh. 

5. Ban yang Hemat BBM

Selain ketahanan tingkat tinggi, saat perjalanan jauh banyak orang yang membutuhkan ban yang hemat BBM (Bahan Bakar Minyak). Apakah Anda juga demikian? 

Anda mungkin tidak mengira bahwa jenis atau tipe ban juga berpengaruh pada konsumsi BBM. Carilah ban yang memiliki fitur untuk mengurangi pengeraman dengan jarak lebih pendek. Pasalnya, ban tersebut biasanya lebih hemat BBM daripada ban-ban biasanya.

6. Ban yang Nyaman dan Senyap

Banyak keluarga yang ingin menikmati perjalanan tanpa gangguan bisingnya suara ban. Ternyata, ada juga tipe ban yang nyaman dengan suara senyap juga. Anda harus memperhatikan fitur yang ada pada ban untuk mendapatkan kenyamanan tersebut. 

Biasanya, ban khusus memiliki teknologi seperti menambahkan lapisan karet, menghasilkan block entering lebih halus, dan lain sebagainya. Sehingga, ban pun menjadi lebih nyaman dan senyap. 

7. Ban untuk Stabilitas Lateral 

Terakhir, ban untuk stabilitas lateral. Ban jenis ini harus kokoh sehingga mampu memberikan performa yang lebih baik. Biasanya, ban untuk stabilitas lateral memiliki alur tengah yang besar dengan pola blade diagonal. Fungsinya yaitu mengoptimalkan transaksi dan penyebaran air di kondisi jalanan basah. Selain itu, ban ini juga tetap kokoh di jalanan yang kering. Itulah pembahasan mengenai tipe ban mobil terbaik untuk kendaraan keluarga. Apapun tipe yang Anda pilih, pastikan mereknya adalah Dunlop. Pasalnya, merek ban satu ini terkenal dengan kualitas dan ketahanannya. Selain itu, ada banyak teknologi kekinian yang membuat ban semakin aman. Pilih ban mobil yang Anda inginkan dengan datang langsung ke Dunlop Shop atau lewat website resminya.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *